Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21535
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorASTRI, APRILIA TARIGAN-
dc.date.accessioned2023-10-12T08:05:20Z-
dc.date.available2023-10-12T08:05:20Z-
dc.date.issued2023-09-11-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21535-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan membaca siswa di kelas II SD Swasta Muallap Al-Washliyah Mabar, karena metode yang digunakan oleh guru kurang menarik. Rumusan masalah yang terdapat pada penelitian ini yaitu bagaimana keterampilan membaca siswa sebelum melaksanakan pembelajaran menggunakan metode fonik, bagaimana keterampilan membaca siswa sesudah melaksanakan pembelajaran menggunakan metode fonik, apakah metode fonik dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas II SD Swasta Muallap Al-Washliyah Mabar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa dengan menggunakan metode fonik pada siswa kelas II SD Swasta Muallap Al-Washliyah Mabar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2023/2024 dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Swasta Muallap Al-Washliyah Mabar yang berjumlah 30 siswa yang terdiri 10 perempuan dan 20 laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Instrumen penelitian berupa tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia di kelas II SD Swasta Muallap Al Washliyah Mabar. Hasil keterampilan membaca sebelum diterapkan metode fonik terdapat 8 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 27% dan siswa yang tidak tuntas 22 siswa dengan persentase ketuntasan 73%. Hasil ini belum memenuhi KKM yaitu 70. Pada siklus I terdapat 18 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 60%, dan siswa yang tidak tuntas 12 siswa dengan persentase ketuntasan 40%, berarti ada peningkatan tindakan di siklus I sebanyak 10 siswa, sedangkan siklus II hasilnya mengalami peningkatan lagi yaitu meningkat terdapat 28 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 93%, dan siswa yang tidak tuntas 2 siswa dengan persentase 7%. Dengan demikian ada peningkatan persentase dari siklus I ke siklus II sebanyak 10 siswa. Selain itu keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran juga meningkat. Hal ini ditandai dengan meningkatnya keaktifan siswa dalam bertanya, menjawab pertanyaan dan mengemukakan pendapat.en_US
dc.subjectKeterampilan Membacaen_US
dc.subjectMetode Foniken_US
dc.titlePENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN METODE FONIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SDS MUALLAP AL-WASHLIYAH MABARen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ASTRI APRILIA TARIGAN.pdfFull Text5.83 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.