Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21533
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSITI, NURDIANA-
dc.date.accessioned2023-10-12T07:56:11Z-
dc.date.available2023-10-12T07:56:11Z-
dc.date.issued2023-09-04-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21533-
dc.description.abstractProses pembelajaran yang seharusnya terdapat interaksi dua arah menjadi interaksi satu arah saja. Siswa cenderung pasif dan kurang berminat untuk mengemukakan pendapat tentang pelajaran yang disampaikan oleh guru baik dalam bentuk bertanya maupun menjawab pertanyaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengemukakan pendapat siswa setelah menggunakan model Point Counter Point. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 25 Bilah Barat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi aktivitas guru dan siswa. Analisis data dilakukan secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Point Counter Point Dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa kelas V SDN 25 Bilah Barat. Hasil nilai rata-rata kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada Pra Siklus ialah 39,76 (kurang aktif). Pada Siklus II nilai rata-ratanya menjadi 55,95 (cukup aktif). Pada Siklus II dengan nilai rata-rata hasil observasi menjadi 73,80 (aktif).en_US
dc.subjectKemampuan Mengemukakan Pendapaten_US
dc.subjectPoint Counter Pointen_US
dc.subjectPTKen_US
dc.titleMENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA MENGGUNAKAN MODEL POINT COUNTER POINT PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 25 BILAH BARATen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SITI NURDIANA - 1902090259.pdfFull Text4.24 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.