Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21532
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSARAH, OKTAVIANI-
dc.date.accessioned2023-10-12T07:52:55Z-
dc.date.available2023-10-12T07:52:55Z-
dc.date.issued2023-08-24-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21532-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah mengetahui peran pemerintah daerah dalam mempromosikan hasil UMKM untuk meningkatkan pendapatan masyarakat di Desa Pulau Tanjung. Hal ini dikarenakan UMKM dapat menyerap tenaga kerja yang sangat besar dan dekat dengan rakyat kecil. UMKM Tempe Lemet dan Kue Kipas merupakan salah satau rumah kreatif yang berada di Desa Pulau Tanjung dan adanya promosi yang dilakukan dalam media sosial Facebook membuat UMKM semakin dikenal baik oleh masyarakat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara terhadap sejumlah informan dan dokumentasi. Untuk analisis data memakai pendekatan kualitatif, dimana analisis data ini menggunakan metode wawancara dan observasi berupa menjawab pertanyaan berupa teks atau narasi. Narasumber dalam penelitian ini berjumlah 3 Orang yaitu Kepala Desa Pulau Tanjung, Pelaku Usaha UMKM Tempe Lemet dan Kue Kipas. Dari hasil penelitian ini yaitu peran pemerintah dalam mempromosikan produk UMKM sudah berjalan dengan baik. Peran pemerintah sudah menjalankan seoptimal mungkin sebagai fasilitator, regulator dan katalisator. Fasilitas dari pemerintah dalam penyediaan cetakan kue kipas, serta menyediakan wadah bagi para pelaku UMKM untuk mempromosikan produknya melalui media sosial dan Mal aplikasi market place. Media sosial facebook cukup efektif dalam memasarkan produk namun masyarakat masih kurang update dalam menggunakan media sosial seperti cara foto produk, penulisan caption yang bisa menarik pembeli. Peningkatan penjualan yang terjadi bukan hanya dikarenakan promosi yang dilakukan melalui konten facebook, melainkan karena warga Desa Pulau Tanjung melalui komunikasi langsung dengan kualitas dari rasa produk, dan harga yang terjangkau. Hanya saja terkendala pada Sumber Daya Manusia yang berkurang serta memiliki skill yang rendah.en_US
dc.subjectUMKMen_US
dc.subjectPeranen_US
dc.subjectKomunikasien_US
dc.subjectPemerintahen_US
dc.titlePERAN KOMUNIKASI PEMERINTAH DENGAN MEMPROMOSIKAN HASIL PRODUKSI UMKM DESA PULAU TANJUNG KABUPATEN ASAHANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI SARAH OKTAVIANI 1903110014 (1).pdfFull Text6.37 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.