Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21506
Title: PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V MIS HIDAYATUL MUBTADI-IEN
Authors: NOVIKA, DANISA
Keywords: Model;Two Stay Two Stray;Keterampilan Berbicara;Pembelajaran Bahasa Indonesia
Issue Date: 28-Aug-2023
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V MIS Hidayatul Mubtadi-len di kelas eksperimen, untuk mengetahui keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan metode ceramah pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V MIS Hidayatul Mubtadi-len di kelas kontrol, dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V MIS Hidayatul Mubtadi-Ien. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Instrumen yang digunakan yaitu Perfomence dan lembar penilaian keterampilan berbicara yang digunakan untuk memperoleh data yang berkaitan dengan keterampilan berbicara. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji hipotesis untuk mengetahui adakah pengaruh dari penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap keterampilan berbicara siswa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata keterampilan berbicara pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata keterampilan berbicara siswa pada kelas kontrol yaitu 81,30 dibandingkan 61,49. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa di kelas eksperimen yaitu 96,43. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa di kelas kontrol yaitu 85.71. Dari penelitian tersebut, diperoleh bahwa terdapat perbedaan pada penggunaan strategi pembelajaran Two Stay Two Stray dan tanpa menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray. Hal ini dibuktikan oleh hasil pengujian hipotesis yang diperoleh dari nilai signifikan (2-tailed) < 0,05 sehingga dapat diketahui nilai signifikan (2-tailed) yaitu 0.000< 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ha dinyatakan diterima dan H0 dinyatakan ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dari penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V MIS Hidayatul Mubtadi-Ien.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21506
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_FKIP_NOVIKA DANISA_LUX DAN CD.pdfFull Text2.2 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.