Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21468
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Nurfansyah, Gading | - |
dc.date.accessioned | 2023-09-27T04:07:19Z | - |
dc.date.available | 2023-09-27T04:07:19Z | - |
dc.date.issued | 2023-09-21 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21468 | - |
dc.description.abstract | Pendahuluan: Pelaksanaan pembelajaran yang awalnya dilakukan langsung secara tatap muka harus dilakukan secara daring karena jumlah pertumbuhan kasus suspek COVID yang makin meningkat. Perubahan kondisi mengakibatkan proses belajar menjadi tidak stabil untuk mahasiswa yang harus menyesuaikan diri dengan proses pembelajaran yang berbeda dari sebelumnya. Tujuan penelitian ini Untuk menganalisis gaya belajar dan strategi belajar mahasiswa pada kondisi pembelajaran khususnya saat pandemi COVID – 19. Metode: mahasiswa FK UMSU dengan total populasi 426 mahasiswa yang terdiri dari angkatan 2020 dan angkatan 2021. Pengambilan sampel dengan menggunakan Proportional Stratified Random Sampling dengan total sampel 206 mahasiswa. Data gaya belajar didapatkan menggunakan kuesioner VARK, sedangkan data strategi belajar didapatkan menggunakan kuesioner R SPQ 2F Hasil: Dari hasil penelitian yang diketahui bahwa gaya belajar yang dominan pada mahasiswa angkatan 2020 ialah gaya belajar Audio dengan jumlah mahasiswa sebanyak 23 (31%), sedangkan gaya belajar yang dominan pada mahasiswa angkatan 2021 ialah gaya belajar Visual dengan jumlah mahasiswa sebanyak 49 (38%). Secara keseluruhan dari 206 mahasiswa lebih banyak gaya belajar visual dengan jumlah mahasiswa 70 (34%). Strategi belajar mahasiswa FK UMSU dominan pada strategi belajar secara permukaan, dengan jumlah total 119 dengan persentase 57 %, sedangkan strategi belajar mendalam memiliki persentase 43%. Kesimpulan: terdapat perbedaan gaya belajar yang dominan digunakan oleh mahasiswa tiap angkatan. Hal ini mungkin dipengaruhi oleh metode pembelajaran yang berbeda antara daring dan blended | en_US |
dc.subject | Strategi Belajar | en_US |
dc.subject | Mahasiswa Kedokteran | en_US |
dc.subject | COVID-19 | en_US |
dc.title | STRATEGI DAN GAYA BELAJAR MAHASISWA FK UMSU SELAMA PANDEMI COVID - 19 | en_US |
dc.title.alternative | Gading Nurfansyah | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Medical science |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
GADING NURFANSYAH.pdf | 1.97 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.