Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21444
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRETNI, TRI LESTARI-
dc.date.accessioned2023-09-22T03:21:31Z-
dc.date.available2023-09-22T03:21:31Z-
dc.date.issued2023-08-28-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21444-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar menulis cerpen melalui pembelajaran ekstrakurikuler literasi. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan sebanyak II siklus. Dengan subjek penelitian siswa kelas VA SD Muhammadiyah 11 yang berjumlah 14 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan hasil belajar menulis cerpen. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari hasil perolehan data dari siklus I sampai siklus II. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa dengan persentase 44,82% dan pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 24 siswa dengan persentase 82,75%. Karena secara persentase telah mencapai 82,75% siswa yang berhasil maka penelitian ini dikatakan berhasil.en_US
dc.subjectCerpenen_US
dc.subjectEkstrakurikuleren_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN HASIL BELAJAR MENULIS CERPEN MELALUI PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER LITERASI SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 11en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_RETNI TRI LESTARI_1902090026.pdfFull Text5.55 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.