Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21358
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMHD. VALLERY-
dc.date.accessioned2023-09-19T02:05:15Z-
dc.date.available2023-09-19T02:05:15Z-
dc.date.issued2023-04-14-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21358-
dc.description.abstractPenelitan ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan faktor eksternal CV. Cahaya gaharu dan untuk mengetahui strategi pengembangan usaha CV. Cahaya Gaharu. Adapun jenis penelitian menggunakan Analisis SWOT (Strenght, Weaknesses, Opportunities, Treats) dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Penentuan lokasi pada penelitian ini adalah purposive di CV. Cahaya Gaharu. Penarikan jumlah sampel yakni sebanyak 10 responden pemilik, pengurus, dan konsumen CV. Cahaya Gaharu. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di CV. Cahaya Gaharu menunjukkan bahwa lingkungan internal terdiri dari kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness) dan lingkungan eksternal terdiri dari peluang (opportunity) dan ancaman (treats). Lingkungan internal kekuatan (strength) utama adalah lokasi usaha yang strategis, SDA dan SDM mendukung, keadaan modal mencukupi, bermitra dengan petani, dan harga jual produk terjangkau dan ekonomis dengan nilai sebesar 0,40. Kelemahan (weakness) utama yakni izin BPOM belum keluar dengan nilai sebesar 0,20. Pada lingkungan eksternal peluang (opportunity) utama adalah dukungan pemerintah dan pihak lain serta berkembangnya pasar modern dengan nilai sebesar 0,56. Dan ancaman (treats) yakni adanya pesaing dengan nilai sebesar 0.18. Berdasarkan perhitungan matriks QSPM, urutan prioritas strategi pada CV. Cahaya Gaharu adalah strategi S-O yakni nilai TAS sebesar 7,56 dengan strategi memanfaatkan dan memperluas akses media sosial secara aktif seiring dengan peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya produk herbal.en_US
dc.subjectSWOTen_US
dc.subjectQSPMen_US
dc.subjectStrategien_US
dc.titleANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA TANAMAN GAHARU (Aquilaria Malaccenis Lamrk) (Studi Kasus: CV. Cahaya Gaharu, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat)en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI MHD. VALLERY.pdfFull Text1.96 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.