Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21355
Title: PENGARUH PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES IPA SISWA KELAS V SD YPI NUR FADHILAH MEDAN
Authors: ALFINA, YULIANTI
Keywords: Project Based Learning;Model Pembelajaran;Keterampilan Proses
Issue Date: 24-Aug-2023
Abstract: Penelitian ini dilakukan atas adanya permasalahan peserta didik dalam proses belajar mengajar dan juga kurangnya penggunaan model pembelajaran yang digunakan oleh pendidik sehingga mengakibatkan kurangnya perolehan keterampilan proses dalam pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh model Project Based Learning terhadap keterampilan prose IPA siswa kelas V SD YPI Nur Fadhilah Medan. Dalam penelitian ini peneliti mengumpulkan data menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-u atau dapat disebut sebagai uji Mann-Whitney. Adapun hasil nilai rata-rata siswa dengan menggunakan model Project Based Learning yaitu 90 sedangkan siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional nilai rata-rata 72. Dari hasil pengujian uji-U yang telah peneliti lakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran. Berdasarkan pengujiannya diketahui bahwa nilai Asymp.sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima (Ha diterima dan Ho ditolak). Artinya setelah menggunakan model pembelajaran Project Based Learning terjadi sebuah pengaruh terhadap keterampilan prose IPA siswa kelas V SD YPI Nur Fadhilah Medan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21355
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ALFINA YULIANTI revisi sidang.pdfFull Text5.01 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.