Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21346
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNurliza, Andini-
dc.date.accessioned2023-09-18T03:00:22Z-
dc.date.available2023-09-18T03:00:22Z-
dc.date.issued2023-08-23-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21346-
dc.description.abstractDalam menghafal dan menjaga hafalan Al-Qur’an selain membutuhkan motivasi, keseriusan, keisitiqamahan, serta keinginan yang kuat juga dibutuhkan metode yang tepat agar bisa sukses dalam menghafal dan menjaga hafalan. Salah satu metode yang bisa digunakan untuk menghafal dan menjaga hafalan Al-Qur’an ialah metode mudarasah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi metode mudarasah, apa saja faktor penghambat dan upaya apa yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi berbagai hambatan dalam implementasi metode mudarasah, serta bagaimana keefektifan metode mudarasah di MTs PAB 2 Sampali. Jenis penelitian yang dilakukan peneliti adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh berbentuk foto, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu kegiatan mudarasah dilaksankan setiap hari senin sampai hari sabtu mulai pukul 07:30 pagi sampai pukul 10:10 siang dilaksankan dengan cara membagi siswa menjadi berkelompok terdiri dari tiga sampai lima orang siswa satu orang memperdengarkan hafalannya sedangkan yang lain menyimak, faktor penghambat dalam implementasi metode mudarasah adalah kemampuan menghafal setiap siswa yang berbeda-beda, tidak serius menyimak hafalan temannya, kurang dispilin serta adanya rasa bosan, upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi faktor hambatan tersebut dengan memberikan motivasi dan reward bagi siswa yang memiliki hafalan terbanyak, memberikan sanksi bagi siswa yang tidak menyelesaikan hafalannya, dan memberikan suasana baru dalam menghafal, serta dalam penerapannya metode mudarasah belum bisa terlaksana dengan efektif.en_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectMetode Mudarasahen_US
dc.subjectMeningkatkan Kualitas Hafalanen_US
dc.titleIMPLEMENTASI METODE MUDARASAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN AL-QUR’AN PADA SISWA MTS PAB 2 SAMPALIen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Nurliza Revisi Sidang (2) (1).pdfFull Text2.35 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.