Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21326
Title: PENGARUH METODE ACTIVE LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH DI MTS DAARUL ULUM MEDAN
Authors: M. ZULHIFZI, MAHENDRA
Keywords: Active Learning;Minat Belajar;Akidah
Issue Date: 10-May-2023
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana minat belajar siswa sebelum dan sesudah adanya penerapan Active Learning pada mata pelajaran Aqidah di MTS Daarul Ulum Medan dan Untuk mengetahui pengaruh penerapan Active Learning terhadap minat siswa kelas 8 pada mata pelajaran Aqidah di MTS Daarul Ulum Medan.. Jenis penelitian ini adalah. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-experiment. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah penyebaran angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis dengan bantuan program SPSS versi 22. Hasil penelitian yang didapatkan adalah Berdasarkan dari perhitungan yang telah dilakukan sebelumnya, bahwa nilai korelasi yang didapat adalah = 0,613 dan nilai sig (2- tailed) 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak. Nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara variabel bebas (active learning) dengan variabel terikat (minat belajar). Sedangkan thitung sebesar 15,794 > (lebih besar) dari nilai ttabel sebesar 2,04, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel X berpengaruh terhadap variabel Y artinya Ha diterima dan H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan active learning terhadap minat belajar siswa di MTS Darul Ulum Medan khsunya pada mata pelajaran Akidah.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21326
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ZULHIFZI-1.pdfFull Text3.15 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.