Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21323
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMAHARANI, INTISARI-
dc.date.accessioned2023-09-15T03:43:25Z-
dc.date.available2023-09-15T03:43:25Z-
dc.date.issued2023-08-23-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21323-
dc.description.abstractMetodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi : Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang mengarah pada prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Data informan didalam penelitian skripsi ini adalah Dr. H. Alimuddin Siregas, M,Ag selaku wali kelas VII-2. Pengumpulan data yang digunakan di dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, metode wawancara, serta dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif Miles dan Hubermen yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan/verifikasi.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan serta peningkatan hasil belajar siswa kelas VII-2 di MTS pab 2 sampali dalam penggunaan metode Team Teaching. Jenis metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian tindakan kelas dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-2 MTS pab 2 sampali dengan jumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, test hasil belajar, dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan dua kali pertemuan pada setiap siklus. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk hasil belajar siswa adalah berdasarkan KKM di sekolah yaitu 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Team Teaching dapat meningkatkan hasil belajar kelas VII-2 di MTS pab 2 sampali. Jumlah siswa yang tuntas dalam test pembelajaran siklus I sebanyak 21 orang atau setara dengan 62,5%. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas dalam test pembelajaran sebanyak 23 siswa atau setara dengan 87,5%. Berdasarkan hasil tersebut maka hipotesis penelitian dapat diterima.en_US
dc.subjectMetode Team Teachingen_US
dc.subjectProses Pembelajaranen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePENERAPAN METODE TEAM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTS PAB 2 SAMPALIen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI Maharani-1.pdfFull Text4.59 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.