Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21318
Title: PENGARUH MODEL BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 054875 SEI LIMBAT
Authors: Nina, Melani
Keywords: Model Bermain Peran (Role Playing);Keterampilan Berbicara
Issue Date: 10-Aug-2023
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang kurang terampil dalam berbicara dalam hal mengungkapkan pendapat dan gagasan yang dimiliki secara lisan. Penelitian ini bertujuan 1. untuk mengetahui keterampilan berbicara peserta didik sebelum menggunakan Model Bermain Peran (Role Playing) pada pembelajaran Bahasa Indonesia. 2. untuk mengetahui keterampilan berbicara peserta didik sesudah menggunakan Model Bermain Peran (Role Playing) pada pembelajaran Bahasa Indonesia. 3. Untuk mengetahui pengaruh Model Bermain Peran (Role Playing) terhadap keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasinya terdiri dari seluruh siswa kelas IV SD Negeri 054875 Sei Limbat. Pengambilan sampel dilakukan dengan sampel jenuh. Instrument yang digunakan penelitian ini teknik non tes berupa tes kinerja (penilaian unjuk kerja). Pengujian hipotesis menggunakan uji t (Paired-Sample T Test), yang didahului dengan uji normalitas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan keterampilan berbicara siswa sebelum menggunakan Model Bermain Peran (Role Playing) rendah dimana hanya 4 siswa yang memenuhi nilai KKM dan 22 siswa belum memenuhi nilai KKM, dengan nilai rata-rata 64,12. Keterampilan berbicara siswa sesudah menggunakan Model Bermain Peran (Role Playing) sudah meningkat dimana semua siswa telah memenuhi KKM dengan nilai rata-rata 87,00. Hasil uji hipotesis dengan Paired Sample T Test dilihat bahwa nilai signifikansi adalah 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model Bermain Peran (Role Playing) terhadap keterampilan berbicara siswa.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21318
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI NINA MELANI.pdfFull Text5.03 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.