Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21285
Title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PHYTAGORAS
Authors: WINDA, FITRIA ISMAIL
Keywords: Learning Cycle 5E;Hasil Belajar
Issue Date: 28-Aug-2023
Abstract: Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 5E pada siswa SMP Muhammadiyah 57 Medan T.A 2022/2023. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Learning Cycle 5E dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi Phytagoras di kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 57 Medan. Selain itu juga, untuk mengetahuai bagaimana penerapan model Learning Cycle 5E dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 57 Medan yang berjumlah 35 siswa demgan 22 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E. Data diperoleh dengan menggunakan tes soal dan observasi aktivitas hasil belajar siswa pada materi Theorema Phytagoras. Dapat dilihat dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari tes tahap awal yang hanya mencapai 22,58% kemudian pada tindakan siklus I mencapai 51,42% lalu meningkat pada tindakan siklus II menjadi 85,17%. Untuk hasil yang diperoleh dari observasi aktivitas ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai nilai rata-rata 2,247 dengan kategori cukup dan pada tindakan siklus II meningkat menjadi 2,748 dengan kategori baik. Dengan demikian hasil dari tindakan yang dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 5E dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 57 Medan T.A 2022/2023.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21285
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_Winda Fitria Ismail-1.pdfFull Text4.1 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.