Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21282
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRahmita Simatupang, Yovani-
dc.date.accessioned2023-09-01T02:17:38Z-
dc.date.available2023-09-01T02:17:38Z-
dc.date.issued2023-04-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21282-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: (1) efektivitas manajemen pendidikan dan pelatihan (diklat) guru berbasis kompetensi yang dikaji melalui pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan evaluasi, dan (2) efektivitas yang diukur berdasarkan level reaksi dan level belajar. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi concurrent embedded dengan metode kualitatif sebagai metode primer. Desain concurrent embedded adalah metode penelitian yang menggabungkan antara metode penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan cara mencampur kedua metode tersebut secara tidak seimbang. Penelitian diawali dengan mengumpulkan data kualitatif dan pada akhir penelitian didukung dengan deskriptif kuantititatif menggunakan data rata-rata dan tingkat persentase. Data deskriptif kuantitatif didapat dengan menggunakan angket. Penelitian dilakukan di Balai Besar Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Bangunan dan Listrik (BBPPMPV BBL) Medan. Data primer berasal dari wawancara kepada 11 unsur manajemen BBPPMPV BBL Medan dan widyaiswara serta angket kepada 85 orang guru yang merupakan peserta diklat dari 6 judul diklat di Program Keahlian Ketenagalistrikan. Hasil temuan penelitian diperoleh bahwa manajemen diklat sudah dilaksanakan secara efektif. Hal ini terbukti berdasarkan wawancara dan hasil observasi bahwa perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan evaluasi diklat dilakukan dengan baik dan sesuai dengan teori manajemen pendidikan dan pelatihan yang dikemukakan oleh Notoatmodjo (2011), Risdiyati (2012) dan P.Siagian (1985). Dari hasil angket juga menunjukkan bahwa program diklat berjalan dengan efektif dimana: (1) hasil evaluasi berdasarkan reaksi menunjukkan 60,74% peserta diklat menyatakan puas dan sangat puas terhadap penyelenggaraan diklat, dan (2) hasil evaluasi berdasarkan level belajar menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan rata-rata sebesar 32,14 poin.en_US
dc.subjectmanajemen diklaten_US
dc.subjectperencanaanen_US
dc.subjectpelaksanaanen_US
dc.subjectpengendalianen_US
dc.subjectevaluasi efektivitasen_US
dc.subjectlevel reaksien_US
dc.subjectlevel belajar.en_US
dc.titleEFEKTIVITAS MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI BAGI GURU DI BALAI BESAR PENGEMBANGAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN VOKASI BIDANG BANGUNAN DAN LISTRIK (BBPPMPV BBL)en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Masters in Higher Education Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Tesis Yovani Rahmita Simatupang MMPT 2020060068.pdf7.76 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.