Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21228
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorFITRI, MARGIANI-
dc.date.accessioned2023-08-12T02:46:20Z-
dc.date.available2023-08-12T02:46:20Z-
dc.date.issued2023-07-18-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21228-
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan atas adanya permasalahan peserta didik dalam proses belajar mengajar dan juga kurangnya penggunaan model pembelajaran yang digunakan oleh pendidik sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini dilakukan untuk mengtahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar IPA Pada materi Gaya dan Gerak kelas IV YPI Nur Fadhilah. Adapun model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran Discovery Learning dimana model pebmbelajaran Discovery Learning merupakan model pembelajaran yang melibatkan peserta didikuntuk aktif secara langsung dalam menggali pengetahuannya sendiri melalui pengematan yang telah dilakukan. Dalam penelitian ini peneliti mengumpulkan data menggunakan tes pilihan ganda. Teknik analisis data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogentas, dan uji-u atau dapat disebut uji Mann Whitney. Adapun hasil nilai rata-rata siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning yaitu 75,68 sedangkan siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional nilai rata-rata yaitu 65. Dari hasil pengujian uji-U yang telah peneliti lakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Discovery Learning sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran. Berdasarkan pengujiannya diketahui bahwa nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0.001 < 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima ( Ha diterima dan H0 ditolak). Artinya setelah menggunakan model pembelajaran Discovery Learning mempengaruhi hasil belajar IPA pada materi gaya dan gerak kelas IV YPI Nur Fadhilah.en_US
dc.subjectDiscovery Learningen_US
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI GAYA DAN GERAK KELAS IV YPI NUR FADHILAHen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI FITRI MARGIANI.pdfFull Text5.44 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.