Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21225
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorFANISA-
dc.date.accessioned2023-08-10T02:32:18Z-
dc.date.available2023-08-10T02:32:18Z-
dc.date.issued2023-07-18-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21225-
dc.description.abstractBahan ajar merupakan alat bantu yanguntuk membantu pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran. Bahan ajar memuat sekumpulan materi, contoh soal, dan rangkuman. Penggunaan bahan ajar dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bahan ajar digital interaktif berbasis Realistic Mathematics Education berbantuan software Flipbook untuk siswa SMP/MTs Kelas VII pada materi garis dan sudut serta untuk mengetahui kelayakan dan respon peserta didik. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari 5 langkah yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Muhammadiyah 57 Medan dengan menggunakan skala kecil sebanyak 10 orang peserta didik. instrumen penelitian yang digunakan adalah angket yang terdiri dari angket penilaian ahli materi, penilaian ahli media, serta angket respon peserta didik. Bahan ajar digital interaktif berbasis Realistic Mathematics Education berbantuan software Flipbook untuk siswa SMP/MTs Kelas VII pada materi garis dan sudut yang telah dikembangkan telah memenuhi kriteria layak digunakan untuk siswa SMP kelas VII. Kelayakan terlihat dari hasil penilaian validator, dimana hasil dari penilaian ahli materi diperoleh kategori baik. Sedangkan, penilaian dari ahli media diperoleh kategori sangat baik, serta angket respon siswa diperoleh kategori sangat menarik.en_US
dc.subjectPengembanganen_US
dc.subjectBahan Ajar Digitalen_US
dc.subjectRealistic Mathematics Educationen_US
dc.subjectSoftware Flipbooken_US
dc.titlePENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL INTERAKTIF MATEMATIKA BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBANTUAN SOFTWARE FLIPBOOKen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
fanisaaa.pdfFull Text5.69 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.