Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21188
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNUR, ERISKA-
dc.date.accessioned2023-07-31T02:02:21Z-
dc.date.available2023-07-31T02:02:21Z-
dc.date.issued2023-02-15-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21188-
dc.description.abstractBahan pengisi (Filler) dalam campuran aspal beton merupakan bahan yang lolos saringan No.200, Bahan pengisi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu cangkang kerang lokan yang merupakan cangkang dari hewan molusca yang biasa kita temui di daerah perairan pinggiran pantai. Abu cangkang kerang lokan mengandung senyawa ca calcium carbonat (CaCo3) pada saat dipanaskan akan berubah menjadi kalsium oksida (CaO) dan dapat melepaskan karbon Dioksida (CO2) ke udara, sehingga hanya tersisa CaO. Berdasarlan kandungan yang ada pada cangkang kerang lokan sifat yang dimiliki oleh cangkang kerang lokan mirip dengan sifat bahan pengisi (filler). Bahan pengisi (Filler) yang bertujuan untuk meningkatkan kekentalan bahan bitumen dan untuk mengurangi sifat rentan terhadap temperatur. Bahan pengisi (Filler) yang digunakan pada campuran laston dapat mempengaruhi sifat dari campuran aspal, apabila terlalu banyak kadar bahan pengisi yang digunakan maka campuran tersebut akan menjadi kaku dan mengakibatkan mudah retak dan sebaliknya. Dalam penelitian ini metode yang dipakai yaitu metode eksperimental yang dilaksanakan di Laboratorium PT. Adhi Karya. Untuk kadar filler cangkang kerang lokan yang digunakan yaitu 1,5%, 2%, 2,5%. Penelitian ini bertujuan agar mengetahui pengaruh variasi limbah cangkang kerang lokan sebagai filler terhadap campuran lapisan aspal beton pada lapisan AC-BC dan penambahan limbah cangkang kerang lokan dapat memepengaruhi karakteristik Marshall. Pada penelitian ini mendapatkan hasil dengan nilai tertinggi dalam keadaan aspal optimum dan memenuhi spesifiksi Bina Marga 2018. yang dimana diperoleh nilai Bulk density 2,314 gr/cc, Stability 1260 kg, Air Voids 4,40 %, Voids Filleds 74,30 %, VMA 14,80 %, Flow 3,60 %, Marshall Quotient 352 kg/mm.en_US
dc.subjectCangkang Kerang Lokanen_US
dc.subjectLaston AC-BCen_US
dc.subjectKarakteristik Marshallen_US
dc.titleANALISA PENGARUH PENGGUNAAN LIMBAH CANGKANG KERANG LOKAN SEBAGAI FILLER PADA PERKERASAN ASPAL BETON LAPISAN ASPHALT CONCRETE–BINDER COURSE (AC-BC) TERHADAP NILAI MARSHALL (Studi Penelitian)en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Civil Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI GABUNGAN IKA.pdfFull Text6.54 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.