Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21159
Title: | PENGARUH METODE THE LEARNING CELL TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH 01 MEDAN |
Authors: | SELLY, FEBRIANTI |
Keywords: | Metode The Learning Cell;Proses Pembelajaran IPA |
Issue Date: | 26-May-2023 |
Abstract: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran siswa pada di Kelas III SD Muhammadiyah 01 Medan. Adapun masalah yang ditemukan dalam penelitian ini adalah kurangnya minat belajar siswa pada bidang studi IPA, rendahnya nilai IPA siswa, metode The Learning Cell belum pernah digunakan di SD Muhammadiyah 01 Medan serta kurangnya pelatihan/penataran terhadap guru-guru yang belum berpengalaman. Adapun lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 01 Medan. Dijalan Demak No. 3, Kecamatan Medan Area, Kota Medan, Sumatera Utara. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa metode The Learning Cell memberikan hasil yang lebih tinggi daripada Metode The Learning Cell. Ini dibuktikan dari rata-rata nilai untuk Metode The Learning Cell diperoleh rata-rata sebesar 71,67, sedangkan nilai tertinggi yang diperoleh adalah 85 dan nilai terendah yang diperoleh adalah 60. Metode The Learning Cell diperoleh rata-rata sebesar 64,16, sedangkan nilai tertinggi yang diperoleh adalah 80 dan nilai terendah yang diperoleh adalah 50. Berdasarkan perhitungan uji t diperoleh t hitung = 3,367 pada taraf nyata = 0,05 dengan taraf signifikan 95% dan harga t tabel = 1,672 berarti t hitung > t tabel (3,367>1,672) sehingga dapat disimpulkan Ha diterima, yaitu terdapat pengaruh Metode The Learning Cell terhadap proses pembelajaran SD Muhammadiyah 01 Medan. |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21159 |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI SELLY FEBRIANTI.pdf | Full Text | 1.02 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.