Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21155
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Trisandi, Agung | - |
dc.date.accessioned | 2023-07-28T12:40:52Z | - |
dc.date.available | 2023-07-28T12:40:52Z | - |
dc.date.issued | 2023-01-06 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21155 | - |
dc.description.abstract | Produksi ban di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun, maka limbah ban bekas yang tidak terpakai di lingkungan semakin meningkat. Masalah ini semakin besar dikarenakan ban adalah limbah yang susah terurai secara alami jika dibiarkan begitu saja tanpa penanganan khusus. Banyak penelitian yang dilakukan terhadap aspal agar mendapatkan campuran yang memiliki viskositas yang baik dan daya tahan lama. Limbah ban dalam bekas memiliki sifat karet yang kuat sehingga dapat menaikkan nilai stabilitas (ketahanan) marshall pada aspal. Penelitian bertujuan untuk mengetahui nilai karakterisitik marshall yang dihasilkan pengaruh dari bahan tambah limbah ban dalam bekas kendaraan pada lapisan Asphalt Concrete-Wearing Course (AC-WC). Penelitian ini dilakukan dengan mengacu pada spesifikasi Bina Marga 2018. Penelitian dilakukan dengan membuat benda uji sebanyak 27 buah benda uji, dimana untuk setiap masing masing variasi penambahan limbah karet ban dalam bekas berbeda, yaitu 1,5%, 2% dan 2,5% sebanyak 3 buah benda uji dengan kadar aspal 5%, 5,5% dan 6%. Untuk campuran normal dibuat sebanyak 9 buah benda uji dengan kadar aspal 5%, 5,5% dan 6% masing-masing dibuat sebanyak 3 benda uji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan limbah karet ban dalam bekas akan mempengaruhi karakteristik campuran aspal. Dari hasil pengujian marshall test seluruh hasilnya memenuhi spesifikasi Bina Marga 2018. Dimana penambahan paling efektif adalah pada variasi 1,5% dimana diproleh nilai Bulk Density sebesar 2,294 gr/cc, stabilitas = 1118 kg, flow = 2,95%, VIM = 4,35%, VFA = 71,11%, VMA = 15,30%, dan MQ = 365 kg/mm. Setiap penambahan karet ban dalam bekas semua nilai dari pengujian marshall mengalami perubahan. | en_US |
dc.publisher | UMSU | en_US |
dc.subject | Aspal | en_US |
dc.subject | limbah ban dalam bekas | en_US |
dc.subject | lapisan Asphalt Concrete-Wearing Course (AC-WC) | en_US |
dc.subject | karakterisitik marshall | en_US |
dc.title | Pengaruh Penambahan Limbah Karet Ban Dalam Bekas Kendaraan Pada Lapisan Asphalt Concrete Wearing Course (AC-WC) Terhadap Karakteristik Marshall | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Civil Engineering |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI AGUNG TRISANDI (1807210080) TEKNIK SIPIL - TEKNIK.pdf | 3.8 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.