Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21100
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorDINDA, RIZKY AULIA-
dc.date.accessioned2023-07-26T07:08:25Z-
dc.date.available2023-07-26T07:08:25Z-
dc.date.issued2023-02-23-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21100-
dc.description.abstractRumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Apakah penggunaan strategi pembelajaran Point-Counterpoint dapat meningkatkan kemampuan belajar matematika siswa SMP Prayatna Medan Tahun Pelajaran 2022/2023 ? 2) Bagaimanakah kemampuan belajar matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran Point-Counterpoint pada siswa SMP Prayatna Medan tahun pelajaran 2022/2023 ? Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan belajar matematika siswa SMP Prayatna Medan pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan penggunaan strategi pembelajaran Point Counterpoint. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Data penelitian ini diperoleh melalui tes dan observasi dan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-III SMP Prayatna Medan T.P 2022/2023. Dengan jumlah 32 orang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus mempunyai tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data peningkatan siswa yang diperoleh dilapangan ditulis dalam bentuk tabel dan diagram. Setelah data dianalisis diperoleh beberapa temuan yaitu tes awal menunjukkan bahwa ketuntasan siswa mencapai 22% (7 siswa) dengan nilai rata rata 49,37%, siklus I mencapai 56,25% (18 siswa) dengan nilai rata-rata 62,5% dan terjadi peningkatan sebesar 34,25%, serta presentase ketuntasan siklus II mencapai 84,37% (27 siswa) dengan nilai rata-rata 80,31 dan terjadi peningkatan sebesar 28,12%. Dengan demikian pada siklus II ketuntasan belajar siswa secara klasikal terpenuhi karena ≥ 70%. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan penggunaan strategi pembelajaran Point-Counterpoint dapat meningkatkan kemampaun belajara matematika siswa SMP Prayatna Medan.en_US
dc.subjectStrategi Pembelajaran Point-Counterpointen_US
dc.subjectKemampuan Belajaren_US
dc.titleUPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN POINT-COUNTERPOINT PADA SISWA SMP PRAYATNA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Dinda Rizky Aulia.pdfFull Text6.95 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.