Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21087
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNUR ANDINI, HARDIYANTI-
dc.date.accessioned2023-07-26T04:12:56Z-
dc.date.available2023-07-26T04:12:56Z-
dc.date.issued2023-05-11-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21087-
dc.description.abstractPendidikan merupakan suatu hal yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan. Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting untuk meningkatkan sumber daya manusia. Oleh sebab itu, pendidikan hendaklah harus dilaksanakan sebaik baiknya sehingga bisa mencerdaskan kehidupan bangsa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan Model Pembelajaran Jigsaw terhadap Aktivitas belajar IPS pada kelas Kelas IV SD Negeri 066659 Kelurahan Labuhan Deli. Penelitian ini dilakukan secara observasi dan tes adapun beberapa siklus yang dilakukan secara bertahap yaitu, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh dari siklus I berupa pembelajaran dengan penerapan model Jigsaw yaitu menyampaikan materi dan menjelaskannya, membentuk kelompok, menyelesaikan tugas dengan berdiskusi, memberi kesempatan kepada siswa untuk mencari tahu jawaban dengan pemikiran sendiri. Siklus I berakhir setelah berdiskusi I. dari hasil siklus I tersebut terdapat 42% atau 10 orang siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar dan 58% atau 14 orang siswa yang sudah mencapai ketuntasan belajar. Dan dari hasil observasi guru siklus I diperoleh niali terendah observasi guru jumlah 65% dan nilai terendah observasi siswa dengan 63%. dalam mengelola pembelajaran sudah cukkup baik namun belum mencapai ketuntasan. Maka penelitian dilanjutkan ke siklus II. Siklus II dibuat dari pengembangan siklus I dimana peneliti membagikan kelompok secara acak. Pada soal siklus II terdapat 4 orang orang siswa atau 17% dari jumlah siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar. Dan terdapat 20 orang siswa atau 83% dari jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar. Secara klasikal sudah ditentukan ketuntasan belajar, dari nilai tertinggi hasil observasi guru selama mengajar diperoleh jumlah nilai 90% dan aktivitas siswa selama proses belajar mengajar adalah 85%. Dalam hal ini kemampuan guru dan aktivitas siswa selama proses belajar mengajar mengalami peningkatan yang sangat baik sekali. Kesimpulan dari penelitian ini aktivitas belajar IPS pada siswa sebelum menggunakan model jigsaw berdasarkan observasi rata-rata nilai 58% pada siklus I rata-rata 63% pada siklus II rata-rata 85%.en_US
dc.subjectMeningkatkan Aktivitas Belajar IPSen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Jigsawen_US
dc.subjectBenda Nyataen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW BERBANTUAN BENDA NYATA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 066659 KELURAHAN LABUHAN DELI TAHUN AJARAN 2022/2023en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Nur Andini Hardiyanti terbaru.pdfFull Text7.95 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.