Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21074
Title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN HOTS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK SWASTA AL-WASHLIYAH 3 MEDAN T.A 2022/2023
Authors: RAFIQOH, NISA
Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning;Hasil Belajar;Pendekatan Hots
Issue Date: 5-Mar-2023
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1. Bagaimana proses pembelajaran akuntansi pada pokok bahasan Jurnah Khusus ini SMK Swasta Al Wasliyah 3 Medan dengan model pendekatan Problem Based Learning, 2. Untuk meningkatkan hasil belajar Akuntansi dengan menggunakan model pendekatan Problem Based Learning pada materi Jurnal Khusus di SMK Swasta Al-Wasliyah 3 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan pada bulan September hingga Desember 2022 di SMK Swasta Al-Wasliyah 3 Medan yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi dan tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Hasil penelitian ini adalah bahwa proses pembelajaran akuntansi pada pokok bahasan Jurnal Khusus menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran akuntansi pada pokok bahasan jurnal khusus dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik, sebelum diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning menunjukkan presentase ketuntasan peserta didik 28.57%, setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada siklus I menunjukkan presentase ketuntasan peserta didik 42.85% dan pada siklus II menunjukkan presentase ketuntasan hasil belajar peserta didik 80.95%.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21074
Appears in Collections:Accounting Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_RAFIQOH_NISA 123.pdfFull Text6.16 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.