Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21027
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorKARTIKA-
dc.date.accessioned2023-07-25T00:59:49Z-
dc.date.available2023-07-25T00:59:49Z-
dc.date.issued2023-04-15-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21027-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan manajemen berbasis sekolah di SMA Ahmad Yani Binjai, menganalisis dan mendeskripsikan keterlibatan stakeholder sekolah dalam manajemen berbasis sekolah di SMA Ahmad Yani Binjai., menganalisis dan mendeskripsikan kendala dan capaian apa dalam mengimplementasikan manajemen berbasis sekolah dengan keterlibatan stakholder di SMA Ahmad Yani Binjai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun responden penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, komite sekolah, orang tua siswa dan siswa. Temuan penelitian implementasi MBS di SMA Perguruan Ahmad Yani Binjai dilaksanakan melalui tahapan sebagai berikut (1) mempersiapkan dokumen atau pedoman MBS, sebagai rujukan utama dalam memahami manajemen berbasis sekolah (MBS), (2) pelaksanaan, melalui penguatan sumber daya manusia (kepala sekolah dan guru), (3) Evaluasi dan perbaikan berkelanjutan, sekolah melakukan evaluasi terhadap pencapaian tujuan sekolah. Sekolah melibat stakeholder dalam pengambilan keputusan. Keterlibatan warga sekolah dalam pengambilan keputusan sekolah menciptakan transparansi dan demokrasi yang sehat di sekolah. Sekolah, komite sekolah dan orang tua siswa bertanggungjawab tentang mutu pendidikan di sekolah. Kendala sekolah dalam melaksanakan MBS yakni terdapat stakeholder yakni pemahaman tentang konsep MBS masih rendah, sehingga sekolah sulit mengembangkan berbagai komponen manajemen yang ada dalam konsep manajemen berbasis sekolah, seperti pengembangan kurikulum, keuangan, sarana, dan kesiswaan, Faktor-faktor penentu keberhasilan SMA Perguruan Ahmad Yani Binjai ialah kepemimpinan kepala sekolah dalam menggerakkan MBS. Salah satu yang paling berperan penting keberhasilan sekolah dalam MBS adalah kepala sekolah sangat memehami konsep MBS. Keberhasilan Sekolah Menengah Atas Ahmad Yani Binjai dalam meraih prestasi hasil belajar siswa yang menjadi indikator kualitas lulusan masih dipengaruhi atau bahkan ditentukan oleh faktor keluarga, dan bahkan faktor masyarakat, stakeholder eksternal dan lingkungan pendidikannyaen_US
dc.subjectImplementasi MBSen_US
dc.subjectPartisipasi Stakeholdersen_US
dc.titleIMPLEMENTASI MANAJAMEN BERBASIS SEKOLAH (ANALISIS KETERLIBATAN STAKEHOLDER PADA SEKOLAH AHMAD YANI BINJAI)en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Masters in Higher Education Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS KARTIKA 2020060140.pdf3.37 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.