Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21010
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNUR, ASSIKIN-
dc.date.accessioned2023-07-24T07:14:46Z-
dc.date.available2023-07-24T07:14:46Z-
dc.date.issued2023-05-26-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21010-
dc.description.abstractDalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai komunikasi antarpribadi petugas lembaga pemasyarakatan khusus anak kelas I tanjung gusta medan dalam melakukan pembinaan narapidana remaja. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana komunikasi antarpribadi petugas lembaga pemasyarakatan khusus anak kelas I tanjung gusta medan dalam melakukan pembinaan narapidana remaja. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengangkat fakta, keadaan variabel dan fenomena-fenomena yang terjadi di lembaga pemasyarakatan khusus anak kelas I tanjung gusta medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data utama yang diperoleh dari hasil wawancara mendalam serta observasi yang berperan aktif. Komunikasi yang terjadi dalam lembaga pemasyarakatan khusus anak kelas I tanjung gusta medan berpusat pada area pekerjaan dan kegiatan narapidana remaja. Berdasarkan hasil penelitian yang telah ditemukan, mendapatkan data bahwa komunikasi antarpribadi petugas dan narapidana remaja dalam pembinaan melakukan pendekatan komunikasi dengan keterbukaan (openess), empati (emphaty), dukungan (supportiveness), rasa positif (possitiveness), dan kesetaraan (equality) untuk menyampaikan informasi seputar kegiatan pembinaan dan kegiatan lain-lainnya. Komunikasi persuasive juga dilakukan untuk mengajak para narapidana remaja dalam mengikuti kegiatan pembinaan kemandirian dan kepribadian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi antarpribadi para petugas lembaga pemasyarakatan khusus anak dengan narapidana berklangsung efektif, dengan cara memberi pemahaman akan nilai-nilai agama, memberikan edukasi untuk para narapidana. Hal tersebut dilakukan para petugas lembaga pemasyarakatan khusus anak kelas I tanjung gusta medan melalui komunikasi antarpribadi.en_US
dc.subjectKomunikasi Antarpribadien_US
dc.subjectPembinaanen_US
dc.subjectNarapidana Remajaen_US
dc.titleKOMUNIKASI ANTARPRIBADI PETUGAS LEMBAGA PEMASYARAKATAN KHUSUS ANAK KELAS I TANJUNG GUSTA MEDAN DALAM MELAKUKAN PEMBINAAN NARAPIDANA REMAJAen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FILE CD SIKIN.pdfFull Text3.44 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.