Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20974
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPUTRI, NADIAH HARAHAP-
dc.date.accessioned2023-07-24T01:39:22Z-
dc.date.available2023-07-24T01:39:22Z-
dc.date.issued2023-05-26-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20974-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika pada kelas V SD Negeri 050592 Padang Brahrang dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan sebanyak II siklus. Dengan subjek penelitian siswa kelas V B SD Negeri 050592 Padang Brahrang yang berjumlah 18 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas belajar matematika dengan menerapkan model Project Based Learning. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari hasil perolehan data dari siklus I sampai siklus II. Pada siklus I terdapat sebanyak 18 siswa yang aktif dengan klasikal 60% sedangkan terdapat sebanyak 12 siswa dengan klasikal 40% yang masih kurang aktif dalam pembelajaran matematika. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 26 siswa yang aktif dengan klasikal 86,67% dan terdapat sebanyak 4 siswa yang kurang aktif dengan klasikal 13,33%. Karena secara klasikal telah mencapai 86,67% siswa yang aktif maka penelitian ini dikatakan berhasil.en_US
dc.subjectModel Project Based Learningen_US
dc.subjectAktivitas Belajar Matematikaen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 050592 PADANG BRAHRANGen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_PUTRI NADIAH HARAHAP_1902090052_PGSD.pdfFull Text12.3 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.