Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20971
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPUTRI, NABILA-
dc.date.accessioned2023-07-24T01:22:22Z-
dc.date.available2023-07-24T01:22:22Z-
dc.date.issued2023-06-22-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20971-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV di MIS Al-Ikhlasiah Medan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa di kelas kontrol, mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa di kelas eksperimen, dan mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe round table terhadap keterampilan berpikir kritis siswa di kelas IV MIS Al-Ikhalsiah Medan pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dengan pengolahan data kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dijelaskan bahwa seluruh populasi dijadikan sampel yang berjumlah 57 siswa, terbagi menjadi 29 siswa di kelas kontrol dan 28 siswa di kelas eksperimen. Insrumen pada penelitian ini menggunakan instrumen tes berpikir kritis yang berjumlah 10 soal essay, dimana siswa mengerjakan pre test dan post test yang sudah di uji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan pada siswa di kelas eksperimen (menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe round table) diperoleh hasil nilai rata-rata siswa sebesar 85,62, berbeda dengan siswa di kelas kontrol (menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share) diperoleh hasil nilai rata-rata siswa sebesar 70,17. Dinyatakan bahwa rata-rata nilai siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dari pada rata-rata nilai siswa di kelas kontrol. Pembelajaran yang dilakukan pada siswa di kelas IV MIS Al-Ikhlasiah Medan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe round table memberikan dampak yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Dibuktikan dari nilai signifikansi sebesar 0,000 yang mana 0,000 < 0,05. Jadi dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe round table terhadap keterampilan berpikir kritis siswa di kelas IV MIS Al-Ikhlasiah Medan dalam pelaksanaan pembelajaran IPA.en_US
dc.subjectModel Kooperatif Tipe Round Tableen_US
dc.subjectBerpikir Kritisen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND TABLE TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI KELAS IV MIS AL-IKHLASIAH MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Putri Nabila_Lux.pdfFull Text8.44 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.