Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20955
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorCHAIRUL, IHSAN-
dc.date.accessioned2023-07-22T04:06:44Z-
dc.date.available2023-07-22T04:06:44Z-
dc.date.issued2023-02-08-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20955-
dc.description.abstractPada ruas jalan Sisimangaraja terdapat jembatan penyeberangan, namun masih ada penyeberang yang melalui jalan hal ini menarik untuk dikaji maka survey awal dengan melakukan perhitungan arus lalu lintas harian menggunakan metode pencacahan manual pada waktu puncak yaitu puncak pagi (07.00 – 09.00) dan puncak sore (17.00 – 19.00). Pada masing-masing waktu puncak kemudian dikaji perbandingan perilaku penyeberang melalui jembatan dengan melalui jalan. Khusus untuk perilaku penyeberang melalui jalan akan diteliti pengaruhnya terhadap jumlah lama kendaraan tertahan serta kecepatan mobil penumpang ketika terjadi aktivitas penyeberang. Hasil penelitian ini perilaku penyeberang puncak pagi lebih banyak menggunakan jembatan sedangkan puncak sore lebih banyak melalui jalan sehingga pada puncak sore fasilitas jembatan kurang efektif. Dan pada puncak pagi rata-rata penyeberang jalan mampu menahan 1 kendaraan selama 1,18 detik sedangkan puncak sore mampu menahan 2 kendaraan selama 2,05 detik. Pengaruhterhadap kecepatan mobil penumpang selama 2 jam puncak pagi menghasilkan temuan kecepatan sebelum kejadian 20,30 km/jam, sesaat kejadian 17,50 km/jam, setelah kejadian 19,31 km/jam. Sedangakan 3 jam selama puncak sore menghasilkan temuan kecepatan sebelum kejadian 22,51 km/jam, sesaat kejadian 17,77 km/jam, setelah kejadian 21,11 km/jam. Hal ini menunjukkan penyeberang melalui jalan mampu mempengaruhi kelancaran lalu lintas pada jalan Sisingamangaraja XII.en_US
dc.subjectPenyeberangen_US
dc.subjectPejalan Kakien_US
dc.subjectPerilakuen_US
dc.subjectArus Lalu Lintasen_US
dc.titleSTUDI PERILAKU PENYEBERANG PEJALAN KAKI DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA LALU LINTAS (Studi Kasus : Ruas Jl. Sisimangaraja XII, Jl. Amaliun – Jl. Mesjid Raya)en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Civil Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TUGAS AKHIR CHAIRUL IHSAN.pdfFull Text3.8 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.