Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20950
Title: PENGARUH METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 1 TEBING TINGGI
Authors: NUR, ERFIANI
Keywords: Kooperatif Tipe Jigsaw;Keaktifan Belajar;Pendidikan Agama Islam
Issue Date: 24-May-2023
Abstract: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMK Negeri 1 Tebing Tinggi. Rendahnya keaktifan belajar siswa disebabkan oleh proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru sehingga menciptakan proses pembelajaran yang monoton dan menyebabkan siswa menjadi pasif. Penelitian ini menerapkan salah satu media pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam yaitu dengan menggunakan media gambar yang diwujudkan secara visual dalam bentuk 2 dimensi sebagai pikiran yang bermacam-macam seperti lukisan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimen. Dalam penelitian quasi eksperimen ada perlakuan (treatment). Adapun populasi dalam penelitian adalah siswa SMK Negeri 1 Tebing Tinggi yang berjumlah 598. Sampel penelitian yang digunakan berjumlah 232 siswa. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi dan angket dalam peroses pembelajaran. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validasi, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis yang digunakan T-tes yang di peroleh nilai thitung dengan signifikan sebesar 0,821 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode kooperatif tipe jigsaw terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK negeri 1 tebing tinggi.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20950
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Nur Erfiani.pdfFull Text5.32 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.