Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20938
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorTama, Alfan Aria-
dc.date.accessioned2023-07-22T03:07:34Z-
dc.date.available2023-07-22T03:07:34Z-
dc.date.issued2023-07-22-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20938-
dc.description.abstractMelihat banyak mirisnya kondisi anak-anak yang hidup tidak seperti anak-anak lain pada umumnya yakni masih adanya anak-anak terlantar, akibat perceraian, yatim, piatu, anak yatim piatu yang sudah tidak memiliki orang tua, maupun anak-anak yang tidak terpenuhi kebutuhan pengetahuannya akibat keluarganya yang tidak memiliki perekonomian yang cukup. Mereka yang kurang mendapatkan hak dasar sebagai anak seperti: pendidikan, perlindungan perhatian dan cinta kasih orang tua, padahal mencintai dan dicintai sudah menjadi fitrah setiap anak. Salah satu cara yang dapat dilakukan agar anak tetap dalam pengasuhan yang baik adalah dengan menampung anak-anak tersebut kedalam suatu wadah yaitu panti asuhan, sebagai suatu lembaga dalam pembinaan, pembentukan karakter yang menggantikan fungsi dan peran keluarga.Di panti asuhan anak-anak terlantar yang diasuh oleh panti tidak hanya mendapatkan pendidikan saja melainkan juga mendapatkan perlindungan dan pelayanan yang baik serta fasilitas-fasilitas yang disediakan panti asuhan seperti, pelayanan pengasramaan, pelayanan pendidikan formal dan non formal, pelayanan kesehatan, sandang pangan.Panti asuhan juga memberikan perhatian dengan memberikan kasih sayang serta nasehat-nasehat yang bermanfaat.Selain mendapatkan pendidikan formal, anak-anak panti juga mendapatkan pendidikan dari segi akhlak, etika, moral, danbudi pekerti yang baik.Hal tersebut menarik untuk diteliti.Adapun manfaat dari penelitian ini yaitu bermanfaat dari aspek teoritis, aspek akademis dan aspek proaktis. Penelitian ini dilakukan di Panti Asuhan Darul Aitam Kota Medan dengan menggunakan penelitian kulitatif menggunkakan teknik penumpulan data yaitu studi pustaka, observasi dan wawancara dan data yang didapat dilapangan di deskripsikan, hingga akhirnya dapat ditarik kesimpulan dari hasil penelitian. Informan utama merupakan para anak asuh yang ada di panti asuhan.Program pembentukan karakter pada anak asuh ada 4 yaitu emosional, intektual, sosial dan ekonomi.Dan berdasarkan hasil penelitian peneliti memberi saran agar program lebih tersusun dan lebih terperinci sehingga tidak ada program yang tidak dijalankan.en_US
dc.subjectAnak Asuhen_US
dc.subjectPembentukan Karakteren_US
dc.titleANALISIS PEMBENTUKAN KARAKTER KEMANDIRIAN ANAK ASUH DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK DI PANTI ASUHAN DARUL AITAM KECAMATAN MEDAN AREA KOTA MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Social Welfare Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ALFAN ARIA TAMA.pdfFull Text3.57 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.