Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20893
Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE TERHADAP KETERAMPILAN BEKERJA SAMA SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS III SD ISTANA HATI
Authors: PUTRI, ANANDA MARPAUNG
Keywords: Take and Give;Keterampilan;Bekerja Sama
Issue Date: 26-May-2023
Abstract: Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran take and give terhadap keterampilan bekerja sama siswa kelas III Pada Mata Pelajaran PKN di SD Istana Hati Kota Binjai. Metode penelitin ini menggunakan penelitian eksperimen dengan mengukur pengaruh model pembelajaran dari nilai pretest dan postest terhadap kemampuan bekerjasama siswa dari hasil angket. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Istana Hati sebanyak 28 orang. Adapun hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran take and give terhadap keterampilan bekerja sama siswa kelas III Pada Mata Pelajaran PKN di SD Istana Hati Kota Binjai. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis di mana diperoleh rhitung > rtabel atau 41,251 > 2,9019 maka H0 diterima, sehingga model take and give berpengaruh pada keterampilan kerja sama siswa. Sedangkan nilai uji hipotesis pretest dan postest siswa diperoleh nilai F sebesar 21,746 (rhitung ), dan rtabel = 1. 26 jika dilihat pada tabel sebesar 2, 9019. Dimana berdasarkan simpulan uji hipotesis rhitung > rtabel atau 21,746 > 2, 9019 maka H0 diterima. Artinya simpulan dari hasil uji hipotesis nilai pretest dan posttest adalah terdapat pengaruh model pembelajaran take and give terhadap pretest dan postest.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20893
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI PUTRI ANANDA MARPAUNG.pdfFull Text2.88 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.