Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20869
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSUHAMRI, NASUTION-
dc.date.accessioned2023-07-18T04:25:36Z-
dc.date.available2023-07-18T04:25:36Z-
dc.date.issued2023-05-26-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20869-
dc.description.abstractRumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis pada siswa Mts Ar-Ridha Medan T.P 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi aktivitas belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A sebagai kelas kontrol dan Kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen Mts At-Ridha Medan T.P 2022/2023 yang terdiri dari 27 siswa serta 28 siswa. Objek Penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan representasi siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa: (1) Penerapan Model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa dengan nilai rata-rata N Gain 0.43 yang tergolong “sedang”. (2) Dari hasil uji t sampel indenpenden nilai atau 7,0>1,675. Sehingga disimpulkan kemampuan representasi matematis siswa yang diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik daripada kemampuan representasi matematis siswa dengan yang diberikan perlakuan pembelajaran konvensional.en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Problem Based Learningen_US
dc.subjectKemampuan Representasi Siswaen_US
dc.titleUPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI MTS AR-RIDHA MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI SUHAMRI NASUTION (1602030085)PERPUS.pdfFull Text1.28 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.