Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20853
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAkbar, Rahmat-
dc.date.accessioned2023-07-18T01:13:31Z-
dc.date.available2023-07-18T01:13:31Z-
dc.date.issued2023-02-09-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20853-
dc.description.abstractDari latar belakang masalah teridentifikasi masalah yang ditemukan yaitu : Hasil belajar siswa masih belum sesuai dengan harapan, siswa hanya bisa mengerjakan soal matematika yang sama dengan contoh yang diberikan, siswa kurang menggunakan pola pikir logis dalam menyelesaikan persoalan matematika, siswa malu atau takut bertanya kepada guru, model pembelajaran yang tidak bervariasi dan adanya faktor yang mempengaruhi hasil belajar yaitu minimya motivasi belajar siswa. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan pembelajaran Think Pair Share (TPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: : (1) perbedaan yang signifikan antara kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe TTW dengan siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe TPS di MAN Binjai, (2) perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe TTW dengan siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe TPS di MAN Binjai, (3) interaksi yang signifikan antara kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe TTW di MAN Binjai, (4) interaksi yang signifikan antara kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe TPS di MAN Binjai. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan instrumen : (1) tes kemampuan awal matematika siswa, (2) tes kemampuan komunikasi matematis, (3) angket motivasi belajar siswa. Data inferensial yang dilakukan dengan menggunakan analisis Multivariate Of Variance (MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran TTW dan pembelajaran TPS terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dengan nilai F pada kolom kelas (wilks’ lambda) sebesar 14,325 model TTW lebih unggul daripada yang menggunakan model TPS (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran TTW dan pembelajaran TPS terhadap motivasi belajar siswa (3) Terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran TTW terhadap kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa (4) Terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran TPS terhadap kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa.en_US
dc.subjectPembelajaran Think Talk Writeen_US
dc.subjectPembelajaran Think Pair Shareen_US
dc.subjectKemampuan Komunikasi Matematisen_US
dc.subjectMotivasi Belajar Siswaen_US
dc.titlePERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DAN TIPE THINK PAIR SHARE DI KELAS X MAN BINJAI T.P 2022/2023en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Masters in Mathematics Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI RAHMAT AKBAR.pdf2.95 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.