Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20852
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorFATIMAH RAMBE, SITI-
dc.date.accessioned2023-07-18T01:07:17Z-
dc.date.available2023-07-18T01:07:17Z-
dc.date.issued2023-02-09-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20852-
dc.description.abstractDari latar belakang masalah teridentifikasi masalah yang ditemukan yaitu : (1) Rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa, (2) kurangnya kemandirian belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika, (3) Pembelajaran matematika lebih cenderung memberikan soal-soal rutin pada buku teks yang hanya memiliki satu jawaban benar atau soal tertutup, (4) Rendahnya kemandirian belajar siswa ditandai dengan keraguan siswa dalam memutuskan sikap dan memberi keputusan. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dan Guided Discovery Learning (GDL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Matematika Realistik dan Guided Discovery Learning terhadap kemampuan berfikir kritis siswa. (2) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Matematika Realistik dan Guided Discovery Learning terhadap kemandirian belajar matematis siswa. (3) Untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis matematis dan kemandirian belajar Siswa melalui model pembelajaran Matematika Realistik . (4) Untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis matematis dan kemandirian belajar Siswa melalui model pembelajaran Guided Discovery Learning . Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan instrumen : (1) tes kemampuan berpikir kritis matematis, (2) kemandirian hasil belajar. Data infrensial yang dilakukan dengan menggunakan Multivariate of Variance (MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Matematika Realistik dan Guided Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Matematika Realistik dan Guided Discovery Learning terhadap kemandirian belajar matematis siswa. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara model pembelajaran Matematika Realistik terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa dan kemandirian belajar matematis siswa. (4) Terdapat hubungan yang signifikan antara model pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa dan kemandirian belajar matematis siswa.en_US
dc.subjectPembelajaran Matematika Realistiken_US
dc.subjectPembelajaran Guided Discovery Learningen_US
dc.subjectKemampuan Berpikir Kritis Matematisen_US
dc.subjectKemandirian Belajar Siswaen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 07 MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Masters in Mathematics Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS SITI FATIMAH RAMBE.pdf5.21 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.