Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20851
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSUBAINI-
dc.date.accessioned2023-07-18T00:59:02Z-
dc.date.available2023-07-18T00:59:02Z-
dc.date.issued2023-02-09-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20851-
dc.description.abstractRumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Problem Solving dan Problem Based Learning terhadap kemampuan komunikasi matematis Siswa; 2) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Problem Solving dan Problem Based Learning terhadap disposisi matematis Siswa ;3) Apakah terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap kemampuan komunikasi; 4) Apakah terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap disposisi matematis Siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Problem Solving dan Problem Based Learning terhadap kemampuan komunikasi matematis Siswa; 2) pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Problem Solving dan Problem Based Learning terhadap disposisi matematis Siswa ;3) interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap kemampuan komunikasi; 4) interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap disposisi matematis Siswa. Jenis penelitian iniadalah eksperimen semu. Sampel penelitian adalah kelas eksperimen I yaitu kelas VIII-A menggunakan model Problem solving dan kelas eksperimen II yaitu kelas VIII-B menggunakan model problem based learning. Instrument yang digunakan yaitu tes dan angket. Uji hipotesis yang digunakan yaitu uji manova. Adapun hasil penelitian adalah : 1) terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Problem Solving dan Problem Based Learning terhadap kemampuan komunikasi matematis Siswa; 2) terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Problem Solving dan Problem Based Learning terhadap disposisi matematis Siswa ;3) terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap kemampuan komunikasi; 4) terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap disposisi matematis Siswa.en_US
dc.subjectKemampuan Komunikasi Matematisen_US
dc.subjectDisposisi Matematisen_US
dc.subjectProblem Solvinggen_US
dc.subjectProblem Based Learningen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PROBLEM SOLVING DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 2 BLANGKEJERENen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Masters in Mathematics Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS SUBAINI.pdf1.84 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.