Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20836
Title: PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF HTML5 PACKAGE (H5P) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 NAMO RAMBE
Authors: ELSA, ALVIONITA SANDA
Keywords: Pemahaman Konsep Matematis;Self Efficacy;Media Pembelajaran
Issue Date: 26-May-2023
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media pembelajaran HTML5 Package (H5P) terhadap pemahaman konsep matematis dan self efficacy siswa dan seberapa besar pengaruhnya. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Namo Rambe. Sampel dalam penelitian ini yaitu 32 siswa kelas VIII 3 (kelas eksperimen) dan 31 siswa kelas VIII 4. Teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, dan post test. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu, dengan desain penelitian menggunakan posttest only control group design Teknik analisis data kuntitatif dengan menggunakan uji MANOVA. Berdasarkan hasil data analisis nilai signifikansi lebih kecil dari pada taraf signifikansi 0,05 atau 0,001< 0,05, maka H0 ditolak dengan demikian menunjukkan bahwa ada pengaruh media pembelajaran HTML5 Package (H5P) terhadap pemahaman konsep matematis dan self efficacy siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Namo Rambe. Nilai koefisien determinasi media pembelajaran interaktif H5P terhadap pemahaman konsep matematis siswa sebesar 0,205 atau sama dengan 20,5%, sedangkan nilai koefisien determinasi media pembelajaran interaktif H5P terhadap self efficacy siswa sebesar 0,090 atau sama dengan 9%. Penggunaan media pembelajaran interaktif HTML5 Package (H5P) dapat mengatasi kebosanan yang kerap dialami siswa dalam proses belajar mengajar, dan dapat membuat siswa lebih semangat dalam belajar. Karena media pembelajaran interaktif dilengkapi dengan gambar, suara dan video, yang berdampak positif terhadap pemahaman konsep matematis dan self efficay siswa siswa.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20836
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ELSA ALVIONITA SANDA.pdfFull Text7.35 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.