Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20797
Title: PENERAPAN PEMBELAJARAN SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS III SDN 060872 MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023
Authors: NUR AYU, ASTARI HUTASUHUT
Keywords: Pembelajaran Scaffolding;Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa
Issue Date: 5-Apr-2023
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah “Model pembelajaran scaffolding dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas III SDN 060872 Medan Tahun Ajaran 2022/2023”. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom action research) yang sengaja dilakukan untuk merencanakan, melaksanakan kemudian mengamati dampak dari pelaksanaan tindakan tersebut pada subjek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ini, maka dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, maka pada saat pre test sebanyak 21 orang siswa yang belum tuntas atau 60% dan 14 orang dinyatakan tuntas atau 40%. Kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model model pembelajaran scaffolding pada siklus I belum memenuhi standar KKM, dimana yang memenuhi nilai KKM sebanyak 18 orang siswa, dan 17 orang siswa lagi belum memenuhi nilai KKM. Kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran scaffolding pada siklus II sudah memenuhi standar KKM, dimana yang memenuhi nilai KKM sebanyak 33 orang siswa, dan 2 orang siswa lagi belum memenuhi nilai KKM. Hasil perhitungan gain diperoleh rata-rata siklus I sebesar 62,5 dan rata-rata siklus II sebesar 88,3. Sehingga diperoleh gain 68,8%. Artinya kelas III SDN 060872 Medan Tahun ajaran 2022/2023 mengalami peningkatan keterampilan berdikusi dengan kategori sedang karena berada pada 31-70%.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20797
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI NUR AYU ASTARI HUTASUHUT.pdfFull Text1.25 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.