Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20763
Title: | IMPLEMENTASI METODE AUDIOLINGUAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN IMAM MUSLIM |
Authors: | SYAHRIANDA, PRATAMA |
Keywords: | Implementasi;Metode Audiolingual;Perencanaan;Pelaksanaan;Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab |
Issue Date: | 11-May-2023 |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode audiolingual pada mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Imam Muslim. Penelitian ini diperoleh atas terlaksananya kegiatan belajar mengajar dengan metode audiolingual dapat membantu meningkatkan pemahaman bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Imam Muslim. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian fenomenologi. Sumber datanya adalah data primer dan data sekunder, objek penelitian ini adalah siswa dan guru bahasa Arab. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis interaktif Miles and Huberman. Teknik keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Penelitian ini mencakup adanya perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum implementasi metode audiolingual dilaksanakan, guru lebih dahulu membuat perencanaan. Perencanaan pembelajaran bahasa Arab dibuat sebagaimana umumnya dibuat oleh guru di madrasah lainnya. Kemudian dilakukannya pelaksanaan metode audiolingual dengan mencakup tiga tahapan yakni pembukaan, kegiatan inti, sampai penutup. Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi metode audiolingual dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Imam Muslim meliputi faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung diantaranya yaitu minat belajar siswa, buku ajar, dan guru sebagai faktor pendukung utama. Sedangkan faktor penghambat diantaranya yaitu mufrodat atau kosakata, kepercayaan diri, serta faktor lingkungan. Terakhir ditutup dengan evaluasi dalam pembelajaran bahasa Arab dengan cara mengevaluasi para siswa dengan mengadakan kuis berupa pertanyaan-pertanyaan dari materi pembelajaran yang telah dilaksanakan, seperti tebak arti kalimat atau mufrodat, menyambung atau menjawab hiwar, menyusun kata-kata acak bahasa Arab melalui tadribat, sampai melaksanakan ulangan harian materi bahasa Arab melalui lisan maupun tulisan. |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20763 |
Appears in Collections: | Islamic Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI YANDA.pdf | Full Text | 4.74 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.