Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20753
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAidil Azhar, Faizal Lubis-
dc.date.accessioned2023-06-21T06:23:45Z-
dc.date.available2023-06-21T06:23:45Z-
dc.date.issued2023-05-09-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20753-
dc.description.abstractShalat Dhuha menjadi pembentukan karakter siswa yang mana waktu pelaksanaan shalat dhuha pada saat orang sibuk dengan aktivitas keduniaannya dan banyak hikmah yang terkandung didalamnya. Waktu pelaksanaannyamerupakan saat yang luar biasa untuk bermuwajah dan membangun hubungan pribadi dengan Allah serta mendapatkan perhatiankhusus dan kasih sayang dari- Nya. Menurut Narwanti Pendidikan karakter adalah suatu sistem penanaman nilai – nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai – nilai tersebut, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa (YME), diri sendiri, sesama, lingkungan, maupun kebangsaan sehingga menjadi manusia insan kamil. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Populasi yang dihimpun dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 16 Lubuk. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 35 Orang yang diambil menggunakan teknik wawancara siswa dan guru, observasi langsung ke lokasi penelitian, dan dokumentasi penelitian. Untuk memperoleh data Implementasi Program Sholat Dhuha siswa kelas VIII peneliti menggunakan teknik wawancara, dan praktek. Sedangkan cara implementasi Pembentukan Karakter Disiplin dengan cara pengaplikasian langsung pada saat jam pelaksanaan kegiatan sholat dhuha. Berdasarkan hasil temuan peneliti selama penelitian di SMP Muhammadiyah 16 Lubuk Pakam ada beberapa temuan yang didapatkan peneliti sesuai dengan masalah yang ada. Pelaksanaan dan Pelatihan Implementasi Program Sholat Dhuha Berjama‟ah Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa di SMP Muhammadiyah 16 Lubuk Pakam. Dalam pemberian materi kedisiplinan shalat dhuha serta pelatihannya, dalam hal ini peneliti menkhususkan di kelas VIII SMP, mudah dalam menerima materi dan mudah mendisiplinkan diri dalam melaksanakannya dan merasa harus lebih baik lagi dalam mendisiplinkan kegiatan shalat dhuha nya, Sebahagian siswa kelas VIII SMP lainnya tidak terlalu bersemangat karena siswa tidak terbiasa dalam mendisiplinkan diri untuk shalat dhuha dengan alasan tertentu seperti waktu shalat dhuha yang ditentukan sekolahmengambil sebahagian waktu istirahat mereka.en_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectSholat Dhuhaen_US
dc.subjectKarakter Disiplinen_US
dc.titleIMPLEMENTASI PROGRAM SALAT DHUHA BERJAMAAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 16 LUBUK PAKAMen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Aidil Azhar Faizal Lubis 1801020062.pdfFull Text3.42 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.