Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20739
Title: ANALISIS SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE DALAM IKLAN GOJEK “KIRIMAN BERMAKNA”
Authors: JABBAR, ABDILLA
Keywords: Semiotika;Tanda-tanda;Iklan GOJEK “Kiriman Bermakna”
Issue Date: 24-May-2023
Abstract: Perkembangan teknologi dimanfaatkan oleh masyarakat maupun perusahaan untuk menyampaikan iklan, seperti produk, layanan jasa dan juga himbauan. Iklan tidak hanya mengandung kelebihan-kelebihan produk tetapi juga ada tanda-tanda yang ingin disampaikan, karena itu iklan GOJEK “Kiriman Bermakna” dalam penelitian ini dianalisis menggunakan analisis semiotika Ferdinand De Saussure. Tujuan penelitian ini adalah tanda-tanda dalam iklan GOJEK “Kiriman Bermakna” berdasarkan analisis semiotika Ferdinand De Saussure. Penelitian ini mengamati tanda-tanda pada iklan GOJEK “Kiriman Bermakna”, yang disusun sebagai sebuah makna pesan. Analisis data dalam iklan ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis semiotika Ferdinand De Saussure, dimana analisis pada peneliltian ini menekankan pada pemecahan makna pada dua bagian utama, yakni Signifier (penanda) dan Signified (pertanda). Hasil yang diperoleh peneliti dalam scene iklan GOJEK “Kiriman Bermakna” memiliki tanda yang dapat berfungsi sebagai tanda, dalam iklan ini terdapat tanda-tanda yang cukup mendalam perihal rasa kekeluargaan. Seperti tampilan kehangatan dari momen berbuka puasa sampai momen mengirim kiriman yang bermakna.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20739
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
2018 JABBAR ABDILLA 1803110085 .pdfFull Text2.54 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.