Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20726
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorDESSY, ARIANI HASIBUAN-
dc.date.accessioned2023-06-20T03:17:03Z-
dc.date.available2023-06-20T03:17:03Z-
dc.date.issued2023-05-24-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20726-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya korelasi antara prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dengan akhlak siswa terhadap guru di SMP Muhammadiyah 01 Medan. Penelitian ini didapatkan atas asumsi bahwa semakin tinggi nilai prestasi belajar Pendidikan Agama Islam maka semakin meningkat pula akhlak siswa terhadap guru. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, berjeniskan penelitian korelasional, dengan pendekatan yang bersifat deduktif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui sumber data primer berupa angket/kuisioner, sumber data sekunder berupa nilai rapot prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa, serta hasil observasi sebelum mendapatkan kedua data tersebut. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik probability sampling dengan model pengambilan sampel acak berstrata (stratified random sampling). Penentuan teknik ini berupa pengambilan anggota sampel bila populasi mempunyai anggota/unsur yang tidak homogen dan berstrata secara proporsial. Dalam menentukan besar ukuran sampel pada penelitian ini, peneliti menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan sebesar 5%. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS 22 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti setelah melalui tahapan observasi, pengumpulan data primer berupa angket, serta data sekunder berupa nilai prestasi belajar PAI siswa SMP Muhammadiyah 01 Medan, maka didapati kesimpulan bahwasanya tidak terdapat korelasi antara prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dengan akhlak siswa terhadap guru di SMP Muhammadiyah 01 Medan. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji korelasi menggunakan product moment. Dalam analisis ini, didapati bahwa korelasi prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dengan akhlak siswa terhadap guru sebesar (0,065) dengan nilai signifikansi 0,321 > 0,05.en_US
dc.subjectPrestasi Belajar PAIen_US
dc.subjectAkhlak Siswaen_US
dc.subjectGuruen_US
dc.titleKORELASI PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN AKHLAK SISWA TERHADAP GURU DI SMP MUHAMMADIYAH 01 MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
DESI SKRIPSI.pdfFull Text4.56 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.