Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20721
Title: IMPLEMENTASI METODE TUTOR SEBAYA DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN
Authors: YETI, SANI YATI
Keywords: Implementasi (Pelaksanaan);Metode Tutor Sebaya;Faktor Pendukung dan Penghambat
Issue Date: 10-May-2023
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan metode tutor sebaya dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat penerapan tutor sebaya dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan. Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian Pelaksanaan metode tutor sebaya di SMP N 2 percut sei tuan dapat berjalan dengan hasil yang memuaskan bagi guru dan siswa, terbukti dengan guru Pendidikan Agama Islam disini sebagai pengawas, menetukan tutor, membantu mengatur kelompok, membantu kesulitan belajar dan mengevaluasi pada tiap akhir bulan. Faktor internal pendukung meliputi faktor kematangan, kecerdasan, motivasi, dan faktor internal penghambat yang muncul dari dalam diri peserta didik meliputi peserta didik kurang mampu memahami keterangan yang diberikan guru untuk belajar serta peserta didik tidak dapat menerapkan materi agama yang diterima disekolah dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan faktor eksternal pendukung yaitu faktor yang terdapat diluar individu seperti guru, keluarga, masyarakat, sekolah, teman. Dan faktor eksternal penghambat yaitu kurangnya kerjasama antara guru dan orang tua peserta didik serta kurangnya ilmu pengetahuan dan teknologi.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20721
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
1801020064 (Yeti Sani Yati).pdfFull Text2.25 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.