Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20677
Title: ANALISIS PEMASARAN IKAN NILA(Oreochromis niloticus) KERAMBA JARING APUNG DI DESA HARANGGAOL KECAMATAN HARANGGAOL HORISON KABUPATEN SIMALUNGUN
Authors: NUR, DELIMA SARAGIH
Keywords: Ikan Nila KJA;Saluran Pemasaran;Fungsi Pemasaran;Margin Pemasaran;Efisiensi Pemasaran
Issue Date: 5-Dec-2022
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis saluran pemasaran ikan nila KJA, untuk menganalisis fungsi pemasaran pada setiap saluran pemasaran, untuk menganalisis margin pemasaran ikan nila KJA, serta untuk menganalisis efisiensi pemasaran ikan nila KJA di Desa Haranggaol Kecamatan Haranggaol Horison Kabupaten Simalungun. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Lokasi penelitian di Desa Haranggaol Keamatan Haranggaol Horison Kabupaten Simalungun. Metode pengambilan sampel petani pembudidaya ikan nila KJA yaitu metode proportional stratified random sampling ( pengambilan sampel secara acak), pengambilan sampel pedagang pengumpul dan pedagang pengecer metode snowball ( dengan cara penelusuran) pada lembaga pemasaran. Metode pengumpulan data yang digunkan yaitu data primer dan data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian yang di lakukan dapat diketahui bahwa saluran pemasaran dilokasi penelitian terdapat 2 saluran pemasaran. Saluran yang pertama yaitu petani – pedagang pengumpul – konsumen. Pada saluran pemasaran dua yaitu : petani – pedagang pengumpul – pedagang pengecer – konsumen. Fungsi – fungsi pemasaran yang di lakukan pada pedagang pengumpul yaitu fungsi pembelian,penjualan,pengakutan,penyimpanan dan informasi pasar sedangkan pada pedagang pengecer hanya melakukan fungsi pemasaran pembelian,penjulan dan informasi pasar. Margin pemasaran pada saluran pemasaran I sebesar Rp.3000/Kg dan margin pada saluran pemasaran II sebesar Rp. 7000/Kg. Tingkat Efisiensi pada saluran pemasaran I sebesar6,1% dapat dikategorikan efisien karena nilai efisiensi < 50%. Tingkat efisiensi pada saluran pemasaran II sebesar 7,2% dapat dikategorikan efisien karena nilai efisiensi <50%.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20677
Appears in Collections:Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI NUR DELIMA SARAGIH.pdfFull Text1.99 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.