Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20655
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNINA, TAMAYA-
dc.date.accessioned2023-06-10T03:13:03Z-
dc.date.available2023-06-10T03:13:03Z-
dc.date.issued2023-01-25-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20655-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen yang diajarkan melalui model pembelajaran Lightening The Learning Climate lebih efektif dari pada siswa kelas kontrol yang diajarkan melalui model pembelajaran diskusi dan untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis pada siswa kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Lightening The Learning Climate pada siswa kelas VIII SMP YPK Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP YPK Medan. Desain penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan pada dua kelompok peserta didik yang memiliki kemampuan setara dengan model pembelajaran yang berbeda. Dari enam kelas dipilih sampel secara acak sebagai kelas eksperimen yang diterapkan dengan menggunakan model pembelajaran Lightening The Learning Climate dan kelas kontrol yang diterapkan model pembelajaran diskusi. Data hasil penelitian digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan di kelas VIII SMP YPK Medan model pembelajaran Lightening The Learning Climate lebih efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi lingkaran dari pada menggunakan model pembelajaran diskusi, dan dari data yang diperoleh melalui uji gain bahwa hasil dari kelas eksperimen dengan memanfaatkan model pembelajaran Lightening The Learning Climate mendapatkan peningkatan 57%, dengan kesimpulan bahwa model pembelajaran quantum cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP YPK Medan.en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Lightening The Learning Climateen_US
dc.subjectKemampuan Pemahaman Konsep Matematikaen_US
dc.titleEFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP YPK MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI NINA.pdfFull Text7.68 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.