Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20635
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | NABILA, FITRIANI RAMBE | - |
dc.date.accessioned | 2023-06-06T04:48:31Z | - |
dc.date.available | 2023-06-06T04:48:31Z | - |
dc.date.issued | 2023-02-08 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20635 | - |
dc.description.abstract | Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah apakah terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran konteksual berbasis outing class berpengaruh terhadap kreativitas peserta didik kelas V di SD Negeri 101210 Tanjung Malipe. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan kreativitas peserta didik yang masih rendah dan metode Pembelajaran kontekstual berbasis outing class di SD Negeri 101210 Tanjung Malipe. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran kontekstual berbasis outing class terhadap kreativitas peserta didik di kelas V SD Negeri 101210 Tanjung Malipe. Manfaat dalam penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan bagi pembaca mengenai kreativitas peserta didik dengan menggunakan metode pembelajaran kontekstual berbasis outing class. Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas Va dan kelas Vb yang berjumlah 54 siswa. Kelas Va berjulmlah 28 peserta didik yang terdiri dari 16 laki-laki dan 12 perempuan sedangkan kelas Vb berjumlah 26 peserta didik terdiri dari 13 laki-laki dan 13 perempuan. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2022 di SD Negeri 101210 Tanjung Malipe. Dalam pengambilan sampel, peneliti menggunakan teknik sensus/sampling total. Instrumen peneltian ini yang digunakan yaitu lembar tes. Pengujian hipotesis menggunakan indepent t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara penggunaan metode pembelajaran kontekstual berbasis outing class dan tanpa menggunakan metode pembelajaran kontekstual berbasis outing class. Berdasarkan signifikan 0,002 < 0,05 maka Ha diterima atau terdapat adanya pengaruh penerapan antara pembelajaran kontekstual berbasis outing class terhadap kreativitas peserta didik di kelas V SD Negeri 101210 Tanjung Malipe. | en_US |
dc.subject | Metode Pembelajaran Outing Class | en_US |
dc.subject | Kreativitas Peserta Didik | en_US |
dc.title | PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS OUTING CLASS TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 101210 TANJUNG MALIPE | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKIRIPSI NABILA FITRIANI RAMBE (6).pdf | Full Text | 5.83 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.