Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20630
Title: PENGARUH MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 054936 WONOREJO
Authors: SRI, NADIA PUTRI
Keywords: Pemahaman Konsep Matematis;Model Realistic Mathematics Education (RME)
Issue Date: 25-Jan-2023
Abstract: Penelitian ini dilator belakangi oleh kurangnya Pemahaman Konsep Matematis peserta didik dalam mata pelajaran Matematika yang disebabkan oleh kurangnya motivasi belajar dalam diri peserta didik dan kurangnya keterkaitan materi dengan kehidupan sehari-hari. Pembelajaran Matematika sangat perlu dipelajari oleh peserta didik karena Matematika memiliki tujuan penting untuk memenuhi kebutuhan praktis yang berkaitan dengan perkembangan kemampuan peserta didik untuk menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari, seperti halnya berhitung yang sering kali dialami oleh peserta didik serta dapat mengembangkan kemampuan dalam menghitung keliling dan luas bangun datar. Salah satu cara untuk membuat matematika lebih dipahami dapat menggunakan model Realistic Mathematics Education (RME) agar peserta didik dapat belajar secara lebih nyata. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematis peserta didik dengan menggunakan model Realistic Mathematics Education (RME) serta adakah perubahan yang terjadi setelah dilakukannya perlakuan menggunakan model tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah kelas IV A dan IV B dengan jumlah 39 peserta didik SD Negeri 054936 Wonorejo. Instrumen yang digunakan yaitu tes tulis dengan jumlah soal sebanyak 15 soal uraian. Perhitungan pengolahan data menggunakan IBM SPSS Statistics 23.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20630
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SRI NADIA PUTRI.pdfFull Text3.13 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.