Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20625
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRito, Zulkarnain-
dc.date.accessioned2023-06-06T02:20:09Z-
dc.date.available2023-06-06T02:20:09Z-
dc.date.issued2021-09-18-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20625-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena peralihan zaman dari era konvensional ke era digital dimana industri media semakin parah dengan banyaknya media cetak memilih menutup usahanya. Salah satu media yang masih bertahan di era digital ini adalah Tribun Medan, yang merupakan salah satu perusahaan media pendatang baru dalam persaingan bisnis media di Sumatera Utara. Meskipun terbilang baru tetapi perusahaan ini telah memiliki kekuatan brand awardness tersendiri dalam masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran Tribun Medan dalam menghadapi persaingan bisnis media di era digital. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi komunikasi pemasaran 4P (Produk, Price, Place, Promotion) dari Kotler yang dikombinasikan dengan analisis SWOT (Strengths, Weakness, Opportunity, Threats). Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data dilakukan secara wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah tim yang terkait dalam strategi komunikasi pemasaran Tribun Medan yakni delapan informan. Hasil penelitian didapatkan bahwa strategi pemasaran Tribun Medan memasuki era digital dilakukan memproduksi konten berita yang dibuat dalam multi platform berbasis cetak, online dan media sosial serta membangun portal berita online yang diisi dengan pemberitaan tulisan dan video yang cepat, akurat, menarik, dan berbeda untuk mendapatkan kepercayaan publik, lalu membuat program aktifitas digital dan mengembangkan Tribun Event Organizer. Pendistribusian berita memanfaatkan media sosial Youtube, Facebook, Twitter, Instagram dan Tik-tok yang dikelola oleh tim khusus dan dari segi harga, menciptakan harga yang kompetitif, fleksibel dan terjangkau sedangkan dari sisi promosinya dilakukan melalui radio-radio dan membuat event-event secara konsisten.en_US
dc.subjectEra Digitalen_US
dc.subjectStrategi Komunikasi Pemasaranen_US
dc.subjectPersaingan Bisnisen_US
dc.subjectMedia Massaen_US
dc.subjectTribun Medanen_US
dc.titleSTRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TRIBUN MEDAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS MEDIA DI ERA DIGITALen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Master of Communication Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS ZULKARNAIN RITO 1820040003.pdf4.89 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.