Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20604
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorREZA, HARIADI-
dc.date.accessioned2023-06-05T02:02:47Z-
dc.date.available2023-06-05T02:02:47Z-
dc.date.issued2023-05-22-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20604-
dc.description.abstractJembatan adalah suatu struktur yang berfungsi sebagai lintasan untuk memperpendek jarak dengan menyebrangi suatu rintangan tanpa menutup rintangan itu sendiri. Di beberapa daerah kota besar di Indonesia, jembatan yang terbangun sering kali mengalami kemacetan. Hal ini disebabkan oleh besarnya LHR yang terus tumbuh dan struktur jembatan tidak mampu mengantisipasi terjadinya pertumbuhan tersebut. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui perilaku struktur jembatan baik dari lendutan maupun kekuatan terhadap model dari dua jenis susunan girder yang berbeda. Analisis pembebanan yang dilakukan pada tugas akhir ini berdasarkan SNI 1725:2016 tentang peraturan pembebanan jembatan dan SNI 2833:2016 tentang peraturan gempa. Dalam tugas akhir ini terdapat dua model tipe jembatan yang berbeda, yaitu model 1 dengan jarak as ke as girder sebesar 2,5 m dan model 2 dengan jarak as ke as girder sebesar 1,8 m. Struktur jembatan dimodelkan dan dianalisis dengan bantuan software analisis struktur jembatan. Dari hasil penelitian ini didapat lendutan maksimum untuk model 1 sebesar -0,0069 m dan model 2 sebesar 0,0075 m. Momen ultimit, torsi ultimit, dan gaya geser ultimit pada model 1 memiliki nilai masing - masing sebesar 14589,31 kNm, 244,68 kNm, dan 2992,13 kN. Sedangkan Momen ultimit, torsi ultimit, dan gaya geser ultimit pada model 2 memiliki nilai masing - masing sebesar 8368,38 kNm, 560,11 kNm, dan 3696,67 kN. Sehingga jembatan dengan model 2 lebih efisien digunakan dari segi lendutan dan kekuatan yang terjadi.en_US
dc.subjectJembatanen_US
dc.subjectPCI Girderen_US
dc.subjectLendutanen_US
dc.subjectKekuatanen_US
dc.titleANALISIS STRUKTUR ATAS PCI GIRDER DENGAN LHR LEBIH 30.000 (Studi Literatur)en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Civil Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TA REZA HARIADI - 1807210098 - TEKNIK SIPIL.pdfFull Text4 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.