Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20567
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSYAHID, ANSHAR ALHAWARI-
dc.date.accessioned2023-05-26T03:45:53Z-
dc.date.available2023-05-26T03:45:53Z-
dc.date.issued2023-05-11-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20567-
dc.description.abstractProses belajar akan lebih efektif jika tersusun rapi manajemen pembelajarannya, begitu pula dengan menghafal Al-Qur’anul Karim akan lebih terstruktur dan terkonsep jika memiliki manajemen menghafalnya yang sesuai dengan kemampuan manusia, karena kemampuan manusia berbeda-beda terkhusus dalam segi menghafal. Maka peran musyrif tahfidz pada suatu lembaga pendidikan sangat diperlukan untuk memberikan manajemen menghafal yang baik dan tentunya mudah dicerna oleh Penghafal tersebut. Dalam menghafal juga harus mempunyai suatu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi atau di sebut dengan POAC, yang mana semua ini bisa dilakukan dibawah pengawasan pembimbing atau Musyrif. Oleh karena itu penelitian ini dibuat untuk mengetahui bagaimana manajemen musyrif tahfidz dan apakah manajemen yang telah diterapkan di Pondok Pesantren Bina Umat Al-Amin sudah efektif hingga memudahkan santri dalam menghafal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang mana peneliti menggunakan tekhnik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan pengumpulan dokumentasi yang mendukung peneliti dalam melaksanakan penelitian dan wawancara dalam hal analisis fakta yang ada dilapangan. Manajemen musyrif di pesantren ini memiliki beberapa tahapan yaitu dari hasil segi perencanaan yang diterapkan musyrif sudah sangat efektif hanya saja ada beberapa santri yang kurang memiliki kemampuan. Dan dari segi pengorganisasian musyrif sudah menerapkan susunan yang sesuai, dengan diadakanya membaca sebelum menghafal dan memberikan waktu yang maksimal untuk digunakan santri dalam menghafal. Dari segi pelaksanaan yang mana mayoritas dari santri mudah dalam menghafal walaupun ada beberapa yang tidak sesuai target yang telah di berikan pihak pesantren. Dan pada tahapan evaluasi guna mengetahui kualitas hafalan santri adanya modul yang digunakan untuk mengevaluasi hafalan santri yang bersangkutan.en_US
dc.subjectManajemen Musyrifen_US
dc.subjectPOACen_US
dc.subjectMusyrifen_US
dc.titleMANAJEMEN MUSYRIF TAHFIDZ DALAM MENGATASI KESULITAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN BINA UMAT AL-AMINen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Syahid Anshar Alhawari (1801020170)_115709.pdfFull Text5.16 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.