Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2051
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRahmah, Fadhilah-
dc.date.accessioned2020-03-05T12:06:54Z-
dc.date.available2020-03-05T12:06:54Z-
dc.date.issued2017-02-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2051-
dc.description.abstractLayanan Informasi adalah suatu layanan yang diberikan kepada siswa yang bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang berbagai hal yang diperlukan siswa dalam menentukan arah suatu tujuan. Pengertian layanan informasi dalam penelitian ini adalah layanan yang diberikan kepada siswa yang bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang konsep diri yang diperlukan siswa dalam mengembangkan dan meningkatkan konsep dirinya. Kebudayaan suku bangsa, artinya sama dengan budaya lokal atau budaya daerah, sedangkan kebudayaan umum lokal bergantung pada aspek ruang, biasanya pada ruang perkotaan ketika berbagai budaya lokal atau daerah yang dibawa oleh setiap pendatang, akan tetapi ada budaya dominan yang berkembang, yaitu budaya lokal yang ada di kota atau tempat tertentu, sedangkan kebudayaan nasional adalah akumulasi dari kebudayaan daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Perbedaan Suku dan Budaya Siswa Kelas XI Teknik Sepeda Motor (TSM) SMK Swasta Muhammadiyah 9 Medan Tahun Ajaran 2017/ 2018. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 79 siswa, sedangkan yang menjadi sampel sebanyak 35 siswa dengan menggunakan teknik Purposive Sampling Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket yang diuji validitas dan reliabilitas terlebih dahulu, dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan Product Moment. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa hasil r = 0,431. Harga r hitung tersebut selanjutnya dibandingkan dengan harga r tabel. Untuk taraf signifikan 5% dan n = 35, maka r tabel = 0,325 dan r hitung = 0,431. Hal ini dapat disimpulkan bahwa r hitung ≥ r tabel (0,431 ≥ 0,325) yang berarti ada pengaruh layanan informasi terhadap perbedaan suku dan budaya siswa. Dan untuk mengetahui taraf signifikan maka melalui uji t. Berdasarkan perhitungan tersebut diperoleh harga t hitung = 3,034 dengan taraf signifikan nyata = 0,05 dk = n-2 = 35-2 = 33. Selanjutnya Ha diterima jika t hitung ≥ t tabel. Bedasarkan t tabel = 2,035 dapat dilihat bahwa t hitung ≥ t tabel (3,034 ≥ 2,035). Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima.en_US
dc.subjectLayanan Informasien_US
dc.subjectSuku dan Budayaen_US
dc.titlePengaruh Layanan Informasi Terhadap Perbedaan Suku dan Budaya Siswa Kelas XI Teknik Sepeda Motor (TSM) SMK Swasta Muhammadiyah 9 Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Guidance and Counseling



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.