Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20330
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorALNI HARAHAP, AFRI-
dc.date.accessioned2022-12-20T07:38:13Z-
dc.date.available2022-12-20T07:38:13Z-
dc.date.issued2022-09-12-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20330-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana kepala sekolah memberdayakan guru SD Al Hidayah Medan, untuk mengetahui bagaimana gaya kepemimpinan yang dijalankan kepala sekolah dalam memberdayakan guru di SD Al Hidayah Medan dan untuk mengetahui dampak dari pemberdayaan guru oleh kepala sekolah SD Al Hidayah Medan. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sebagaimana Moelong (2012: 4) metodologi kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Pengumpulan data adalah merupakan langkah yang harus diadakan setiap penelitian kualitatif, sebab desain penelitian dengan metode pendekatan seperti ini membutuhkan perhatian serta tingkat kejelian dalam menemukan masalah dan fenomena. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepala Sekolah SD Al Hidayah Medan menerapkan kepemimpimpinan partisipatif yakni demokratis dalam kinerjanya, kepala sekolah bersama-sama dengan bawahannya dan juga saling tukar menukar ide atau usulan menyangkut perkembangan lembaga pendidikan, dalam pola kepemimpinannya selalu mengikutsertakan para bawahan bawahannya.Selain demokratif melalui observasi dapat di ketahui pola kepemimpinan partisipatif yang dilakukan kepala sekolah SD Al Hidayah Medan yang terbuka, mencari pendapat dari pihak yang lebih menentukan ketika situasi tidak memungkinkan, bekerja secara aktif, mengikutkan bawahan dalam mencari solusi dan berpendapat demi perkembangan lembaga. Kepala sekolah selalu mengikuti kebijakan-kebijakan dari dinas pendidikan, selalu pro aktif dalam keterlibatan kelembagaan, mengikutsertakan para guru berbagai pelatihan MGMP. Kepala sekolah juga mengikuti pelatihan MKKS.Dalam memimpin kepala sekolah bersifat partisipatif kepada semua para bawahannya.Serta mengadakan supervisi setiap 2 bulan sekali.en_US
dc.subjectKepemimpinan Partisipatifen_US
dc.subjectPemberdayaan Guruen_US
dc.titleKEPEMIMPINAN PARTISIPATIF KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBERDAYAAN GURU PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI DI SD AL HIDAYAH MEDAN)en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Masters in Higher Education Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
AFRI ALNI HARAHAP NPM 2020060059 (8) (1).pdf1.16 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.